TES AKHIR SEMESTAR AKAN DILAKSANAKAN MINGGU DEPAN, SELASA, 8 APRIL 2014.

Selasa, 01 April 2014

GEOSTRATEGI INDONESIA

Dalam konteks politik nasional geostrategi diartikan sebagai metode atau aturan-aturan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan melalui proses pembangunan di berbagai bidang. Geostrategi diarahkan untuk mewujudkan cita-cita proklamasi sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945.

“Pusat perhatian geostrategi adalah meningkatkan kemantapan posisi kekuatan nasional dalam lingkungan pergaulan antar bangsa dan negara. Ke dalam, geostrategi mengupayakan peningkatan kekuatan nasional sesuai hasil binaan geopolitik, ke luar geostrategi berupaya mengurangi resiko yang mungkin akan ditimbulkan oleh ancaman, di samping memanfaatkan peluang yang tersedia. Geostrategi bersifat luwes karena harus mampu menghadapi perkembangan lingkungan yang terus berubah dengan dinamika yang cukup tinggi.” (Wahyono: 1994).

Secara konseptual geostrategi Indonesia dimuat didalam konsepsi Ketahanan Nasional. Ketahanan Nasional adalah konsepsi mengenai pengembangan kekuatan nasional melalui penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan yang selaras serasi dan seimbang dalam seluruh aspek kehidupan termasuk wilayah.

Materi presentasi lengkap tentang geostrategi Indonesia yang telah dipresentasikan oleh kelompok, dapat didownload disini
dan sedikit tambahan materi dari saya, tentang topik diatas dapat di unduh disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar